Teknologi informasi saat ini
berkembang pesat dan nyaris di semua sector ada. Guru di Sekolah dasar (SD)
terutama guru yang mengajar berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru
mata pelajaran computer tidak hanya dituntut mengajarkan cara menggunakan
perangkat dan aplikasi komputer tetapi juga dituntut untuk memberikan
pemahaman, attitude dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi
yang benar sesuai fungsinya kepada anak didiknya. Cara mengenalkan teknologi
informasi kepada anak usia SD nisa dengan menggunakan komputer untuk menunjang
pembelajaran atau minimal anak-anak bias belajar mewarnai menggunakan aplikasi
Paint atau bahkan menonton animasi dari penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga,
anak-anak didiknya akan merasa lenih nyaman saat proses pembelajaran. Untuk
itu, seorang guru harus paham dengan manfaat dan mudorat perangkat teknologi
yang akan dikenalkan. Peran teknologi informasi bagi pembelajaran sangat
banyak. Salah satunya mampu membuat proses pembelajaran lebih efektif dan
efisien serta dapat membantu peserta didik terutama anak SD melepas jenuh dari
sela-sela proses pembelajarannya.
Dengan
pemanfaatan teknologi informasi sebagai inovasi yang dilakukakn seorang guru,
dapat diyakini proses belajar mengajar akan lebih menarik dan dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik karena pemahaman yang mereka dapatkan dari sisi
positif teknologi informasi ini. Apalagi, pada periode ini siswa masih sangat
tergantung pada benda-benda nyata/konkret saat proses pembelajarannya.
Diketahui bahwa siswa usia sekolah dasar berada pada peiode operasional
konkrit. Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa punya
peran penting dalam pengintegrasian teknologi informasi karena menjadi contoh
langsung atau role model penggunaan perangkat teknologi informasi di sekolah
apalagi bagi siswa sekolah dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar